• PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Cara Mengenali Lowongan Kerja Fiktif/Penipuan Berkedok Lowongan Kerja | PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA РJakarta,  Dewasa ini banyak sekali modus penipuan yang dilakukan komplotan penipu, salah satu diantaranya adalah penipuan dengan kedok lowongan kerja (lowongan kerja fiktif).

Komplotan penipu dengan kedok lowongan kerja ini, umumnya menggunakan media SMS, iklan gratis, Facebook, Twitter dan website.

Lowongan kerja yang ditawarkan komplotan penipu tersebut umumnya atas nama perusahaan besar seperti PT. PERTAMINA, UNILEVER, PETRONAS, PT. FREEPORT INDONESIA, PT. SAMPOERNA, PT. CENTRAL KORPORINDO, PT. BORNEO JAYA ENERGI, PETROKIMIA, PT. HANKOOK TIRE, PT. VICO INDONESIA, PT. PLN dan perusahaan lainnya.

Target komplotan penipu ini adalah para pencari kerja. Banyak sudah yang menjadi korban penipuan mereka, karena korban kurang mengenali lowongan kerja fiktif/penipuan berkedok lowongan kerja. Lalu bagaimana cara mengenali lowongan kerja fiktif/penipuan lowongan kerja fiktif tersebut? Cara mengenali lowongan kerja fiktif/penipuan berkedok lowongan kerja fiktif sebenarnya sangat mudah, antara lain sebagai berikut :

Lowongan kerja dikirim via SMS (lowongan kerja yang benar tidak akan pernah dikirim via SMS, lowongan kerja yang dikirim via SMS sudah jelas penipuan).
Surat lamaran ditujukan ke alamat email gratisan seperti :yahoo.com, ymail.com, hotmail.com, gmail.com. Misal lamaran untuk lowongan kerja PT. Pertamina disuruh dikirim ke alamat : pt.pertamina@yahoo.com.
Pelamar dipanggil untuk tes dengan mewajibkan pelamar untuk melakukan reservasi tiket untuk mengurus transportasi dan akomodasi pada jasa travel tertentu, misalnya Astindo Tour & Travel, Nusantara Tour & Travel, Nursa Tour & Travel, Angkasa Tour & Travel, Avia Tour & Travel, Asia Tour & Travel, Ramantha Tour & Travel, Mandiri Tour & Travel, dan lain sebagainya.

Jika anda mendapatkan panggilan tes tapi diwajibkan untuk melakukan reservasi tiket pada jasa travel tertentu dan melarang anda menggunakan travel yang sudah anda kenal, maka sudah pasti itu penipuan. Jasa travel disini hanya sebagai kedok agar pelamar mentransfer uang pada rekening penipu, waspadalah.

NB : Jika dalam hal lamaran kerja anda diharuskan membayar sejumlah uang atau mentransfer sejumlah uang pada travel tertentu, maka anda sedang berhadapan dengan penipu. Jangan mudah terbujuk dengan rayuan komplotan penipu yang menjanjikan biaya transportasi dan akomodasi akan diganti setelah tes selesai.

Ketahuilah tes dan jasa travel itu hanya akal-akalan komplotan penipu untuk memperdaya anda yang membutuhkan pekerjaan. Dalam melamar suatu pekerjaan, kenali diri anda, apakah anda sudah memenuhi kualifikasi untuk bekerja pada suatu perusahaan? Jangan asal ada lowongan langsung melamar.

 

rhd – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.