• PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Menilik Sejarah GPS dan Fungsinya

RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Jakarta,  Tak banyak orang mengetahui tentang sejarah GPS. Jika mendengar namanya sudah pasti orang akan terarah dengan sebuah peta. Tetapi sebenarnya tidak hanya itu fungsinya.

Kini GPS sudah bisa ditemui pada aplikasi smartphone, alat pelacak ini fungsinya tiidak hanya mengarahkan pengguna ke tempat tujuan saja, mungkin pengguna tidak menyadari akan kelebihan teknologi yang ada di dalamnya.

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Alat ini berfungsi sebagai sistem navigasi berbasis ruang yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) dan dioperasikan khusus untuk Angkatan Udara AS.

Departemen Pertahanan AS pertama kali menciptakan sistem tersebut pada 1970-an dengan menggunakan 24 satelit, namun tidak beroperasi sepenuhnya sampai tahun 1990-an. Meskipun alat tersebut adalah sebuah proyek yang dioperasikan oleh militer AS, GPS bebas digunakan siapapun.

Walau bebas digunakan oleh siapapun, pihak AS dapat menolak akses atau organisasi tertentu. Akibatnya, Rusia yang tidak mau kalah juga mengembangkan sistem yang berbeda yakni GLONASS. Sistem tersebut merupakan satu-satunya pilihan alternatif yang membentang di seluruh dunia dan menawarkan ketepatan yang sebandiing untuk China, Uni Eropa dan India.

Bagaimana GPS Bekerja

Sistem GPS ini bergantung pada satelit dan tidak mentransmisikann data apapun. Artinya, tidak perlu koneksi internet untuk mengaktifkan GPS, karena itu navigasi masih bisa digunakan di daerah pedesaan.

Setiap satelit menyiarkan sinyal yang menyertakan kode pseudo-random dan waktu tranmisi. Penerima menentukan lokasi setidaknya empat satelit dan jaraknya dari masing-masing satelit tersebut. Dengan data itu, receiver bisa menyampaikan lokasi pengguna.

Penerima menerjemahkan lokasi mereka ke dalam satu set koordinat, angka-angka ini menunjukkan posisi perangkat di Bumi dengan menggunakan garis bujur dan lintang.

Kegunaan GPS

Ternyata GPS mempunyai kelebihan yang tak banyak diketahui oleh orang lain. GPS bisa digunakan saat pengguna sedang melaakukan aktivitas hiking atau mendaki gunung, tidak melulu harus bergantung pada koneksi internet. Unit GPS portable atau aplikasi smartphone tertentu akan menunjukkan lokasi pengguna pada peta.

Fungsi GPS juga dapat melacak orang lain, misalnya menemukan anak atau keluarga yang hilang bahkan menunjukkan hewan peliharaan. Tetapi jika keduanya telah memiliki atau terpasang perangkat navigasi tersebut.

GPS juga bisa digunakan untuk bermain game yang mengandalkan lokasi, misalnya seperti permainan Pokemon Go. Atau jika pengguna mengikuti informasi pasar saham. Semua teknologi ini tentu mengandalkann GPS untuk menyinkronkan waktu.

Satelit-satelit yang mengelilingi dunia menawarkan cara yang bagus untuk memastikan semuanya disinkronkan. Demikian dinukil dari Make Us Of, Senin (3/7/2017).

 

Sumber: okezone.com

hd – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.