• PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Korea Selatan Ada Jamban Raksasa

RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA –¬† BICARA mengenai Korea Selatan, negara tersebut sekarang menjadi salah satu destinasi favorit Asia, bahkan dunia. Budayanya yang terjaga dengan cukup baik, alamnya yang terawat indah, pun juga eksistensi pesohornya pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tempat wisata Negara ini cukup banyak. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata budaya. Semuanya ada. Tapi, tertarik kah Anda untuk datang ke jamban raksasa? Jijik? Tenang, tidak seseram yang Anda pikirkan, kok.

Ya, di Korea Selatan ternyata ada jamban raksasa. Sebetulnya, bukan jamban dengan fungsi yang sama, hanya saja bangunan bercat putih itu jika dilihat dari atas memang berbentuk jamban besar. Adalah Museum Toilet di Kota Suwon yang mana kota tersebut berjarak sekitar 30 menit perjalanan darat dari Seoul.

Percaya atau tidak, bangunan tersebut dibangun terinsipirasi dari proses kelahiran sang pemilik bangunan. Huh? Bagaimana? Sang pemilik museum bernama Sim Jae Duck diketahui lahir tidak sengaja di toilet kakeknya. Karena itu juga, Sim sangat mencintai toilet. Hehehe…

Sim sendiri merupakan mantan Wali Kota Suwon. Semasa menjabat, Sim dikenal cukup gencar menggalakkan program pembersihan dan perindah toilet umum di Suwon. Bahkan, Sim juga lah yang mencetuskan Asosiasi Toilet Dunia pada 2007 silam.

Kemudian, bukti cinta Sim dengan toilet lainnya adalah dia merombak total rumahnya menjadi bentuk jamban raksasa. Dibantu arsitek bernama Go Gi-woong, akhirnya Sim benar-benar bisa hidup bersama dengan toilet. Tak sekadar mengubah bentuk bangunan, Sim juga memberikan nama spesial untuk rumahnya itu, Haewoojae atau rumah untuk melepas rasa cemas dalam bahasa Korea.

Perlu Anda ketahui, Sim telah wafat. Dalam wasiatnya, Sim mendonasikan rumahnya tersebut dan mengubahnya menjadi Museum Toilet. Waduh, cinta sekali sepertinya Sim dengan toilet, ya.

Dilansir dari website resmi Haewoojae, Rabu (6/9/2017) ketika Anda berkunjung ke museum itu, di dalamnya terdapat dua lantai. Setiap lantai menampilkan aneka jenis jamban yang ada di dunia. Tidak hanya itu, di setiap lantainya, ada wejangan-wejangan khusus mengenai pentingnya menjaga kebersihan toilet maupun lingkungan. Sesuai visi Sim saat masih menjabat sebagai Wali Kota Suwon dulu.

Sementara itu, untuk menarik banyak peminat, museum tidak hanya berisi jamban. Tetapi ada juga karya seni bertema toilet. Benang merahnya tetap toilet, ya. Anda juga bisa berfoto dengan latar patung berbentuk feses berwarna emas yang ada di luar museum, lho. Tertarik mencoba?

Sedikit informasi, museum ini pertama kali dibuka untuk umum pada 31 Okrober 2010. Perihal tiket masuk, jangan khawatir untuk bisa berfoto ria dan menjelajahi jamban raksasa ini, Anda tidak dikenai biaya sepeser pun. Jam bukanya pun fleksibel, yaitu setiap hari kecuali Senin, mulai dari pukul 10.00-18.00 waktu setempat.
(ren)

 

Sumber: okezone.com
Rhd – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.