• PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Keterbukaan Informasi Antarnegara, Sri Mulyani: Demi Perangi Korupsi!

RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Jakarta, Indonesia dan Swiss telah resmi melakukan kerjasama pertukaran informasi untuk tujuan perpajakan (Automatic Exchange of Information/AEoI). Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Ken Dwijugiasteadi dan disaksikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu).

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kerjasama ini adalah langkah yang baik untuk bisa mengintip data nasabah di Swiss. Pasalnya selama ini, Swiss menjadi tempat paling nyaman bagi p

“Reputasi Swiss selama ini sebagai safe place for many people in the world to put their cash or money are very high. Dan ini penting bagi Swiss, untuk berikan sinyal kuat, bahwa kita semua harus bergabung dalam transparansi keuangan di dunia, demi juga memerangi korupsi,” ungkapnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Setelah melakukan penandatanganan kerja sama ini, Menkeu memaparkan tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang telah menanti Indonesia. Di antaranya pemerintah harus menyiapkan semua persyaratan untuk ikut AEoI.

“Jadi untuk Indonesia, setelah kerjasama ini, PR-nya adalah menyiapkan bussiness process, our system, dan pemerintahan kami untuk membuat pertukaran lebih kredibel dan secure. Untuk tentu tujuannya meningkatkan penerimaan. Kami juga akan meneruskan persiapan registration for Indonesia untuk fully implement this commitment globally,” ungkapnya.

Diketahui, penting bagi Indonesia untuk dapat melaksanakan AEOI dengan Swiss mengingat Swiss merupakan salah satu financial center terbesar di dunia. Informasi keuangan yang diperoleh dari Swiss dan hampir 100 negara lainnya akan digunakan sebagai basis data perpajakan untuk menguji tingkat kepatuhan pelaporan Wajib Pajak sehingga diharapkan dapat mendorong kesadaran Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakan secara sukarela. Terutama melaporkan penghasilan serta aset keuangan di luar negeri yang selama ini tidak dilaporkan.

(kmj)

 

Sumber: okezone.com

Rhd – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.