• PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Diduga Terkait dengan Serangan Teror Barcelona, Pria ini Ditangkap

RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA –   JAKARTA , Seorang pria yang lahir di Maroko ditangkap oleh polisi Spanyol karena diduga memiliki keterkaitan dengan serangan teror Barcelona. Pria yang ditangkap itu memiliki nama Driss Oukabir.

Sebagaimana dikutip dari The Guardian, Jumat (18/8/2017) laporan-laporan yang beredar mengindikasikan Oukabir merupakan pihak yang menyewa mobil van berwarna putih yang digunakan dalam serangan penabrakan di Alun-Alun Catalunya. Mobil itu disewanya di kota yang berjarak 25 kilometer dari Barcelona.

Tidak lama setelah informasi itu beredar, Oukabir dilaporkan pada Kamis 17 Agustus 2017 malam waktu setempat menyerahkan diri ke polisi. Ia mengklaim, dokumen identitasnya dicuri dan ia tidak memiliki peran dalam serangan yang menewaskan 13 orang itu.

Oukabir mengaku, mendatangi polisi setelah fotonya beredar di dunia maya dan berbagai media. Ia kemudian ditangkap oleh polisi di Kota Ripoll yang berjarak 96 kilometer dari utara Kota Barcelona.

Pejabat di Kepolisian Catalunya, Josep Lluis Trapero, menuturkan bahwa Oukabir bukanlah sopir dari mobil van yang melancarkan serangan di Barcelona. Sumber di kepolisian mengatakan, Oukabir memiliki kartu identitas warga asing yang tinggal di Spanyol atau yang dikenal dengan nama NIE (Numero de Identitad de Extranjero).

Media ABC mewartakan, surat penangkapan ternyata sebelumnya memang dikeluarkan untuk Oukabir. Namun itu terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga dan bukan atas aktivitas di kelompok radikal. El Pais melaporkan, Oukabir sempat mendekam di penjara Kota Figueres dan ia dibebaskan pada 2012.

Selain Oukabir, ada pria Spanyol yang ikut ditangkap. Pria yang lahir di Melila itu masih belum dipublikasikan identitasnya oleh Kepolisian Spanyol. Sejauh ini, kelompok teroris ISIS mengaku sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan teror di Barcelona.

RIFAN BERJANGKA

(emj)

 

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.