• PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
    • PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
      PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Ini 3 Jembatan Air Paling Menakjubkan di Dunia

RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -? Jembatan tak hanya sekadar konstruksi bangunan untuk transportasi semata, tetapi juga menjadi penghubung yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Namun jika umumnya jembatan digunakan sebagai penghubung antar daratan karena dipisahkan sungai, berbeda dengan jembatan-jembatan ini.

Seperti dilansir dari Elitereaders.com, Senin (21/3/2016), tiga jembatan air ini justru dibangun untuk menghubungkan dua sungai yang dipisahkan oleh daratan. Selain memiliki fungsi sebagai penghubung sistem transportasi, jembatan-jembatan ini juga menjadi destinasi wisata yang langka karena hanya ada tiga di dunia. Berikut tiga jembatan tersebut.

1. Jembatan Air Madgeburg, Jerman
Jembatan air Madgeburg ini yang menghubungkan antara sungai Elbe dan Havel di Kerman ini memiliki panjang 918 meter. Jembatan air tersebut dinobatkan sebagai yang terpanjang di dunia. Untuk membangun mulai dari konstruksi sampai bisa digunakan, jembatan ini membutuhkan waktu selama enam tahun. Sebelum jembatan ini dibuat, kapal diharuskan memutar sejauh 12 kilometer untuk bisa menyeberang.

2. Jembatan Air Veluwemmer, Belanda
Belanda memang dikenal sebagai salah satu negara dengan kanal yang cukup banyak. Jembatan air ini memiliki panjang 25 meter. Kedalaman kolong jembatan untuk dilewati oleh mobil mencapai 3 meter. Setiap harinya kolong jembatan air Veluwemeer ini dilewati oleh 28.000 kendaraan. Jembatan tersebut hanya mampu disebrangi oleh kapal berukuran kecil saja.

3. Jembatan air The Pontcysyllte, Inggris
Jembatan air The Pontcysyllte di Inggris merupakan salah satu warisan dunia yang dibangun pada 1805. Jembatan ini bisa dibilang sebagai yang tertua di dunia dan digunakan untuk menghubungkan lokasi tambang Denbigshire ke kanal sistem di Inggris. Jembatan air yang kini dijadikan salah satu objek dan akitivitas wisata memiliki tinggi 38 meter.

Mendengar namanya nyaliku langsung ciut. Rasa takut dan ngeri terus hinggap di benakku, sebelum pendakian ke Gunung Merbabu dimulai pertengahan Agustus tahun lalu. Dalam bayanganku, Jembatan Setan adalah sebuah jembatan yang menyeramkan, dipenuhi banyak roh halus yang bergentayangan mengganggu para pendaki dan bisa jadi sering memakan korban jiwa.

Saking penasaran, aku langsung cari-cari di internet dengan keyword ?jembatan setan?. Di layar ponsel terlihat gambar-gambar yang seketika membuatku bergidik dan ngeri. Dalam foto-foto tampak beberapa pendaki merayap di dinding sebuah tebing terjal, tanpa pengaman apa pun. Hanya berpijak pada jalan setapak yang benar-benar hanya muat satu tapak kaki, sementara tangan harus berpegangan tali dan dinding batu terjal.

Muncul keinginan untuk mengurungkan niat. Namun jiwa petualangan yang ada dalam diriku mengatakan aku harus ikut. Rasa ragu itu pun seketika lenyap berganti penasaran. Satu minggu kemudian, tepatnya tanggal 15 Agustus 2015, aku bersama 10 teman berangkat ke Gunung Merbabu dengan pilihan jalur pendakian awal di Desa Cunthel Salatiga, Jawa Tengah. Dan aku wanita satu-satunya dalam pendakian ini. Keren kan.

Jembatan Setan adalah julukan yang diberikan para pendaki Gunung Merbabu. Disebut demikian karena treknya yang sangat ekstrem, dan nyali pendaki betul-betul diuji di sini. Satu tantangan yang diberikan oleh alam Merbabu bagi para penjelajah sebelum mencapai Puncak Kentheng Songo (3412 mdpl), pucuk tertinggi Gunung Merbabu.

Sumber : Liputan6.com

rhd? – rifanfinancindo

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.